Your Web News in One Place

Help Webnuz

Referal links:

Sign up for GreenGeeks web hosting
October 26, 2022 05:27 am GMT

Chapter 14. Installing and Updating Software Packages

A. Mendaftarkan Sistem untuk Dukungan Red Hat

Manajemen Berlangganan Red Hat
Ada empat tugas dasar yang dilakukan dengan alat Manajemen Langganan Red Hat:
1).Daftarkan sistem untuk mengaitkan sistem itu ke akun Red Hat. Sehingga Pengelola Langganan untuk menginventarisasi sistem secara unik. Jika sudah tidak digunakan, sistem mungkin tidak terdaftar.
2).Berlangganan sistem untuk memberinya hak atas pembaruan untuk produk Red Hat yang dipilih. Langganan memiliki tingkat dukungan, tanggal kedaluwarsa, dan repositori default tertentu. Alat tersebut dapat digunakan untuk melampirkan otomatis atau memilih hak tertentu. Saat kebutuhan berubah, langganan dapat dihapus.
3).Aktifkan repositori untuk menyediakan paket perangkat lunak. Beberapa repositori diaktifkan secara default dengan setiap langganan, tetapi repositori lain seperti pembaruan atau kode sumber dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan.
4).Tinjau dan lacak hak yang tersedia atau digunakan. Informasi langganan dapat dilihat secara lokal pada sistem tertentu atau, untuk suatu akun, baik di halaman Langganan Portal Pelanggan Red Hat atau Manajer Aset Berlangganan (SAM).

Mendaftarkan Sistem
Cara berbeda lainnya untuk mendaftarkan sistem ke Portal Pelanggan Red Hat. Ada antarmuka grafis yang dapat Anda akses dengan aplikasi GNOME atau melalui layanan Konsol Web, dan ada alat baris perintah. Untuk mendaftarkan sistem dengan aplikasi GNOME, luncurkan Red Hat Subscription Manager dengan memilih Aktivitas . Ketik subscription di kolom Type to search... dan klik Red Hat Subscription Manager . Masukkan kata sandi yang sesuai saat diminta untuk mengautentikasi. Untuk mendaftarkan sistem, klik tombol Daftar di jendela Langganan .

Saat terdaftar, sistem secara otomatis memiliki langganan yang terpasang jika tersedia.Setelah sistem terdaftar dan langganan telah ditetapkan, tutup jendela Langganan . Sistem sekarang berlangganan dengan benar dan siap menerima pembaruan atau menginstal perangkat lunak baru dari Red Hat.

Pendaftaran dari Baris Perintah

  1. Daftarkan sistem ke akun Red Hat: [user@host ~]$ subscription-manager register --username=yourusername \--password=yourpassword
  2. Lihat langganan yang tersedia: [user@host ~]$ subscription-manager list --available | less
  3. Lampirkan langganan secara otomatis: [user@host ~]$ subscription-manager attach --auto
  4. Atau, lampirkan langganan dari kumpulan tertentu dari daftar langganan yang tersedia: [user@host ~]$ subscription-manager attach --pool=poolID
  5. Lihat langganan yang dikonsumsi:[user@host ~]$ subscription-manager list --consumed
  6. Membatalkan pendaftaran sistem:[user@host ~]$ subscription-manager unregister

B. Menjelaskan dan Menyelidiki Paket Perangkat Lunak RPM
Tujuan

Paket perangkat lunak dan RPM
RPM Package Manager menyediakan cara standar untuk mengemas perangkat lunak untuk distribusi. Ini jauh lebih sederhana dari pada bekerja dengan perangkat lunak yang hanya diekstraksi ke dalam sistem file dari arsip. Sehingga administrator melacak file mana yang diinstal oleh paket perangkat lunak dan mana yang perlu dihapus jika dihapus, dan memeriksa untuk memastikan bahwa paket pendukung ada saat diinstal.
Informasi tentang paket yang diinstal disimpan dalam database RPM lokal di setiap sistem. Semua perangkat lunak yang disediakan oleh Red Hat untuk Red Hat Enterprise Linux disediakan sebagai paket RPM. Nama file paket RPM terdiri dari empat elemen (ditambah .rpmakhiran): name-version-release.architecture:

  1. NAME adalah satu atau lebih kata yang menjelaskan isi (coreutils).
  2. VERSION adalah nomor versi perangkat lunak asli (8.30).
  3. RELEASE adalah nomor rilis paket berdasarkan versi tersebut, dan ditetapkan oleh pembuat paket, yang mungkin bukan pengembang perangkat lunak asli (4.el8).
  4. ARCH adalah arsitektur prosesor paket yang dikompilasi untuk dijalankan. noarchmenunjukkan bahwa isi paket ini tidak spesifik arsitektur (berlawanan dengan x86_64untuk 64-bit, aarch64untuk ARM 64-bit, dan seterusnya).

Memperbarui Perangkat Lunak dengan Paket RPM
Red Hat tidak mengharuskan paket yang lebih lama diinstal dan kemudian ditambal. Untuk memperbarui perangkat lunak, RPM menghapus versi paket yang lebih lama dan menginstal versi baru. Pembaruan biasanya menyimpan file konfigurasi, tetapi pemaket versi baru mendefinisikan perilaku yang tepat.

Memeriksa Paket RPM
Utilitas rpm adalah alat tingkat rendah yang dapat memperoleh informasi tentang isi file paket dan paket yang diinstal. Ia mendapat informasi dari database lokal paket yang diinstal. Namun, dapat menggunakan -p opsi untuk menentukan jika ingin mendapatkan informasi tentang file paket yang diunduh.

  • Bentuk umum dari query adalah:rpm -q [pilihan-pilihan] [pilihan-permintaan]
  • Kueri RPM: Informasi umum tentang paket yang diinstal rpm -qa : Daftar semua paket yang diinstal rpm -qf FILENAME: Cari tahu paket apa yang menyediakanFILENAME

Image description

  • Kueri RPM: Informasi tentang paket tertentu rpm -q : Cantumkan versi paket yang saat ini diinstal

Image description

  • rpm -qi : Dapatkan informasi rinci tentang paket
  • rpm -ql : Daftar file yang diinstal oleh paket

Image description

  • rpm -qc : Daftar hanya file konfigurasi yang diinstal oleh paket

Image description

  • rpm -qd : Daftar hanya file dokumentasi yang diinstal oleh paket

Image description

  • rpm -q --scripts : Daftar skrip shell yang berjalan sebelum atau setelah paket diinstal atau dihapus

Image description

  • rpm -q --changelog : daftar informasi perubahan untuk paket

Image description

Meminta file paket lokal :

Image description

Memasang Paket RPM
Perintah rpm dapat digunakan untuk menginstal paket RPM yang telah diunduh ke direktori lokal.

Image description
Ringkasan Perintah Permintaan RPM
Paket yang diinstal dapat ditanyakan langsung dengan perintah rpm . Tambahkan -p opsi untuk menanyakan file paket sebelum instalasi.

Image description
C. Menginstal dan Memperbarui Paket Perangkat Lunak dengan Yum
Mengelola Paket Perangkat Lunak dengan Yum
Yum dirancang untuk menjadi sistem yang lebih baik untuk mengelola instalasi dan pembaruan perangkat lunak berbasis RPM. Perintah yum digunakan untuk menginstal, memperbarui, menghapus, dan mendapatkan informasi tentang paket perangkat lunak dan dependensinya.

Menemukan Perangkat Lunak dengan Yum

  • yum help menampilkan informasi penggunaan.
  • yum list menampilkan paket yang diinstal dan tersedia.

Image description

  • yum search KEYWORD daftar paket dengan kata kunci yang ditemukan di bidang nama dan ringkasan saja. Untuk mencari paket yang memiliki " server web " di bidang nama, ringkasan, dan deskripsi, gunakan search all :

Image description

  • yum info PACKAGENAME mengembalikan informasi rinci tentang sebuah paket, termasuk ruang disk yang diperlukan untuk instalasi.Untuk mendapatkan informasi tentang Apache HTTP Server:

Image description

  • yum provides PATHNAME menampilkan paket yang cocok dengan nama jalur yang ditentukan (yang sering kali menyertakan karakter wildcard). Untuk menemukan paket yang menyediakan /var/www/htmldirektori, gunakan:

Image description

Menginstal dan menghapus perangkat lunak dengan yum

  • yum install PACKAGENAME memperoleh dan menginstal paket perangkat lunak, termasuk dependensi apa pun.

Image description

Image description

  • yum update PACKAGENAME memperoleh dan menginstal versi yang lebih baru dari paket yang ditentukan, termasuk dependensi apa pun. Umumnya proses mencoba untuk mempertahankan file konfigurasi di tempat, tetapi dalam beberapa kasus, mereka dapat diganti namanya jika pembuat paket berpikir yang lama tidak akan berfungsi setelah pembaruan. Tanpa PACKAGENAME yang ditentukan, ia menginstal semua pembaruan yang relevan.

Image description

  • yum remove PACKAGENAME menghapus paket perangkat lunak yang diinstal, termasuk paket yang didukung.

Image description

Menginstal dan menghapus grup perangkat lunak dengan yum
yum juga memiliki konsep grup , yang merupakan kumpulan perangkat lunak terkait yang diinstal bersama untuk tujuan tertentu. Di Red Hat Enterprise Linux 8, ada dua jenis grup. Grup reguler adalah kumpulan paket. Kelompok lingkungan adalah kumpulan dari kelompok biasa. Paket atau grup yang disediakan oleh grup mungkin: mandatory(mereka harus diinstal jika grup diinstal), default(biasanya diinstal jika grup diinstal), atau optional(tidak diinstal saat grup diinstal, kecuali jika diminta secara khusus).
Seperti yum list , perintah yum group list menunjukkan nama grup yang diinstal dan tersedia.

Image description
Beberapa grup biasanya diinstal melalui grup lingkungan dan disembunyikan secara default. Daftarkan grup tersembunyi ini dengan perintah yum group list hidden .

  • yum group info menampilkan informasi tentang grup. Ini termasuk daftar nama paket wajib, default, dan opsional.

Image description

  • yum group install menginstal grup yang menginstal paket wajib dan default serta paket yang mereka andalkan.

Image description

Melihat riwayat transaksi

  • Semua transaksi instal dan hapus sudah login /var/log/dnf.rpm.log.

Image description

  • yum history menampilkan ringkasan transaksi pemasangan dan penghapusan.

Image description

  • Opsi history undo membalikkan transaksi

Image description
D. Mengaktifkan Repositori Perangkat Lunak Yum
Mengaktifkan repositori perangkat lunak Red Hat
Mendaftarkan sistem ke layanan manajemen langganan secara otomatis mengonfigurasi akses ke repositori perangkat lunak berdasarkan langganan terlampir. Untuk melihat semua repositori yang tersedia:

Image description
Perintah yum config-manager dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan repositori. Untuk mengaktifkan repositori, perintah mengatur enabledparameter ke 1. Misalnya, perintah berikut mengaktifkan rhel-8-server-debug-rpmsgudang:

Image description
Membuat Repositori Yum
Buat repositori Yum dengan perintah yum config-manager . Perintah berikut membuat file bernama /etc/yum.repos.d/dl.fedoraproject.org_pub_epel_8_Everything_x86_64_.repodengan output yang ditampilkan.

Image description
Ubah file ini untuk memberikan nilai dan lokasi kunci GPG yang disesuaikan. Kunci disimpan di berbagai lokasi di situs repositori jarak jauh, seperti, http://dl.fedoraproject.org/pub/epel/RPM-GPG-KEY-EPEL-8. Administrator harus mengunduh kunci ke file lokal daripada mengizinkan yum mengambil kunci dari sumber eksternal. Sebagai contoh:

Image description
Paket Konfigurasi RPM untuk Repositori Lokal
Perintah berikut menginstal paket repositori Red Hat Enterprise Linux 8 EPEL:

Image description
File konfigurasi sering kali mencantumkan beberapa referensi repositori dalam satu file. Setiap referensi repositori dimulai dengan nama satu kata dalam tanda kurung siku.

Image description
E. Mengelola Aliran Modul Paket
Mengelola modul menggunakan Yum
Untuk menangani konten modular, perintah yum module telah ditambahkan. Jika tidak, yum bekerja dengan modul seperti halnya dengan paket biasa.
Untuk menampilkan daftar modul yang tersedia, gunakan yum module list :

Image description
Untuk membuat daftar aliran modul untuk modul tertentu dan mengambil statusnya:

Image description
Untuk menampilkan detail modul:

Image description
Instal modul menggunakan aliran dan profil default:

Image description
Untuk memverifikasi status aliran modul dan profil yang diinstal:

Image description
Untuk menghapus modul yang diinstal:

Image description
Setelah modul dihapus, aliran modul masih diaktifkan. Untuk memverifikasi aliran modul masih diaktifkan:

Image description
Untuk menonaktifkan aliran modul:

Image description
Beralih Aliran Modul
Untuk membuat daftar paket yang diinstal dari modul, pada contoh di bawah modul postgresql:9.6 diinstal:

Image description
Hapus paket yang terdaftar dari perintah sebelumnya. Tandai profil modul yang akan dicopot pemasangannya.

Image description
Setelah menghapus profil modul, setel ulang aliran modul. Gunakan perintah reset modul yum untuk mengatur ulang aliran modul.

Image description
Untuk mengaktifkan aliran modul yang berbeda dan menginstal modul:

Image description


Original Link: https://dev.to/nurulkhofifaaenun/chapter-14-installing-and-updating-software-packages-4ai

Share this article:    Share on Facebook
View Full Article

Dev To

An online community for sharing and discovering great ideas, having debates, and making friends

More About this Source Visit Dev To