Your Web News in One Place

Help Webnuz

Referal links:

Sign up for GreenGeeks web hosting
September 15, 2022 12:53 am GMT

TUGAS DPK-TJKT SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TEMA 1-9

NAMA: TSANIA KHILYATIN NADA
KELAS: X TJKT 2
NO ABSEN: 32

*#Tema 1 : Jenis teknologi perkembangan prosesor intel*

**Sejarah Perkembangan Intel**

Mulanya, pada tahun1904, Sir John Ambrose Fleming (Inggris)menciptakan otak untuk komputer berupa tabungDioda. Dioda ini kemudian dikembangkanDr. Lee De Forest (Amerika), sampai pada tahun1906terciptalah Trioda, Trioda ini lalu terus berkembang hingga terciptaTetroda dan Pentode.
Di masa selanjutnya, Tetroda dan Pentoda yang disebut sebagaiVacum-Tubeini bertahan dalam dunia komputer dan digunakan dalam Komputer jadul sepertiENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), UNIVAC I dan Harvard Mark.
Tahun1956, Vacum Tube mulai ditinggalkan seiring ditemukannyatransistorkarena ukurannya yang besar. Nah, dengan penemuan transistor, maka berdirilah perusahaan semi konduktor dimana-mana salah satunya bernamaFairchild.
Fairchild merupakan tempat bekerjanya dua orangpendiri Intel bernama Noyce dan Gordon Mooreyang kemudian keluar pada tahun 1960.
Keduanya lalu mendirikan perusahaanIBMdan satu tahun kemudian telah merilis produk perdana berupaRAM statik 1101dan merupakanMOS (Metal Oxide Semi-Conductor). Produk ini berkembang dan tercipta produk baru bernamaSchottky bipolar 64-bit static random access memory (SRAM) 3101.
Dari dua produk tersebut membuat Intel menjadi terkenal sehingga ditawari untuk bekerja sama menjadi produsen semikonduktor bersama dengan denganNippon Calculating Machine Corporation (NCMC).
NCMC ini meminta Intel untuk menciptakan12 chipkhusus yang akan digunakan sebagai otak kalkulatorBusicom 141-PF. Darirequest12 chips ini lalu di modifikasi menjadi4 chipsyang salah satunya sangat multifungsi sehingga muncul sebutanprocessor.
4 Chips yang tadi ditemukan disebutMCS-4dan kemudian dibeli hak patennya dari NCMC.
Sejarah Perkembangan Intel dari Masa ke Masa
Dari NCMC, perusahaan ini lalu mulai berkembang dengan pesat dan menghasilkan processor-processor yang berbeda serinya sepanjang tahun selama hampir 50 tahun.
Intel 4004 Processor (1971)
Intel 8008 Processor (1972)
Intel 8080 Processor (1974)
Intel 8086 Processor(1978)
Intel 8088 Processor (1979)
Intel 286 Processor (1982)
Intel 386 DX Processor (17 Oktober 1985)
Intel 386 SX Processor
Intel 486 DX Processor (10 April 1989)
Intel 486 SX Processor
Intel Pentium Processor (22 Maret 1993)
Intel Pentium Pro Processor ( 1 November 1995)
Intel Pentium II Processor (1997)
Intel Pentium II Xeon Processor (1998)
Intel Celeron Processor (4 Januari 1999)
Intel Pentium III Processor (26 Februari 1999)
Intel Pentium III Xeon Processor
Intel Pentium 4 Processor (2000)
Intel Pentium 4 Xeon Processor (2001)
Intel Itanium Processor (2001)
Intel Itanium 2 Processor (2001)
Intel Pentium M Processor (2003)
Intel E7520/E7320 Chipsets (2004)*
Intel Pentium D 820/830/840 (2006)
*Intel Core 2 Duo

Processor Intel Core Solo dan Core Duo (2006)
Processor Intel Pentium Dual Core (2007)
Processor Intel Core 2 Duo (2008)
Processor Intel Core 2 Quad (2008)
Intel Core Processor (2008- saat ini)
1.Core i3 untuk Entri Level
2.Core i5 untuk Level Menengah
3.Core i7 untuk Level Atas
4.Core i9 untuk Kelas Mainstream

*#Tema 2: Jenis Teknologi Perkembangan Prosesor AMD*

*Prosesor AMD DARI masa ke masa*

Perkembangan Processor yang sangat pesat merupakan salah satu faktor utama mengapa kita bisa hidup di jaman yang penuh dengan teknologi canggih ini karena, teknologi apapun yang canggih saat ini pasti memiliki sebuah otak yang mampu membuatnya menjadi sebuah perangkat canggih, nama lain dari otak itu adalah Processor. Processor merupkan sebuah chip yang sering juga di sebut dengan istilah Microprocessor yang pada saat ini, dengan kemajuannya yang pesat memiliki kapasitas sebesar gigahertz.

Processor AMD (Advanced Micro Devices), adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, California yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.

AMD adalah terbesar kedua pemasok global mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel Corporation, dan ketiga terbesar pemasok unit pengolahan grafis. Ia juga memiliki 21 persen dari Spansion, pemasok non-volatile memori flash. Pada tahun 2007, AMD peringkat kesebelas antara produsen semikonduktor dari segi pendapatan.

Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel.

Advanced Micro Devices (AMD) didirikan pada tanggal 1 Mei 1969, oleh sekelompok mantan eksekutif dari Fairchild Semiconductor, termasuk Jerry Sanders III, Ed Turney, John Carey, Sven Simonsen, Jack Gifford dan tiga anggota dari tim Gifford, Frank Botte, Jim Giles, dan Larry Stenger. Perusahaan ini dimulai sebagai produsen chip logika, kemudian memasuki bisnis chip RAM pada tahun 1975. Pada tahun yang sama,Ini memperkenalkan klon reverse-engineered dari mikroprosesor Intel 8080. Selama periode ini, AMD juga dirancang dan diproduksi serangkaian elemen prosesor bit-slice (Am2900, Am29116, Am293xx) yang digunakan dalam desain berbagai komputer mini.

Selama waktu itu, AMD berusaha untuk merangkul perubahan yang dirasakan terhadap RISC dengan mereka sendiri 29K prosesor AMD, dan mereka berusaha untuk membuat variasi pada grafis dan perangkat audio serta memori EPROM. Ia memiliki beberapa sukses pada pertengahan 1980-an dengan AMD7910 dan AMD7911 World Chip modem FSK, salah satu perangkat multistandar pertama yang menutupi kedua Bell dan nada CCITT sampai dengan 1200 baud half duplex atau full duplex 300/300. The 29K AMD selamat sebagai prosesor tertanam dan Spansion AMD spin-off terus membuat memori flash industri terkemuka. AMD memutuskan untuk pindah persneling dan hanya berkonsentrasi pada mikroprosesor Intel yang kompatibel dan memori flash, menempatkan mereka dalam kompetisi langsung dengan prosesor Intel yang kompatibel untuk x86 dan memori flash mereka pasar sekunder.

AMD mengumumkan merger dengan ATI Technologies pada tanggal 24 Juli 2006. AMD dibayar $ 4300000000 tunai dan 58 juta saham dari saham dengan total sebesar US $ 5,4 miliar. Merger diselesaikan pada tanggal 25 Oktober 2006 dan ATI sekarang merupakan bagian dari AMD. Saat itu dilaporkan pada bulan Desember 2006 bahwa AMD, bersama dengan saingan utama dalam industri grafis Nvidia, menerima panggilan dari pengadilan dari Departemen Kehakiman tentang kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis, termasuk tindakan memperbaiki harga.

Pada bulan Oktober 2008, AMD mengumumkan rencana untuk spin off operasi manufaktur dalam bentuk usaha patungan bernilai miliaran dolar dengan Advanced Technology Investment Co, sebuah perusahaan investasi yang dibentuk oleh pemerintah Abu Dhabi. Usaha baru ini disebut GlobalFoundries Inc. Hal ini akan memungkinkan AMD untuk fokus hanya pada desain chip.

  1. AMD K5Sejarah Processor AMD Perkembangan Processor yang sangat pesat merupakan salah satu faktor utama mengapa kita bisa hidup di jaman yang penuh dengan teknologi canggih ini karena, teknologi apapun yang canggih saat ini pasti memiliki sebuah otak yang mampu membuatnya menjadi sebuah perangkat canggih, nama lain dari otak itu adalah Processor. Processor merupkan sebuah chip yang sering juga di sebut dengan istilah Microprocessor yang pada saat ini, dengan kemajuannya yang pesat memiliki kapasitas sebesar gigahertz. Gigahertz merupakan satuan pengukur yang mengatur cepat proses dari suatu processor dalam mengolah data atau informasi.

AMD K5 adalah prosesor amd yang pertama, saat mulai produksi memang amd sengaja menjiplak dari pihak intel, jadi apapun prosesor yang di buat oleh amd akan support dengan hardware maupun aplikasi yang buat oleh intel. amdk5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. namun ada beberapa kendala pada waktu itu, amdk5 tidak berjalan mulus, amdk5 tidak dapat langsung mengenali motherboard dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.

  1. AMD K6
    Prosesor AMD K6 merupakan prosesor generasi ke-6 dengan peforma yang tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III dan dari seluruh modelnya yang membedakan hanya kecepatan CPU Clock dan Micron Processnya.

  2. AMD Duron
    AMD Duron merupakan generasi ketiga dari perkembangan processor AMD. Dan juga merupakan jenis prosesor yang murah dan terjangkau dan dikenal pada tahun 2000. AMD Duron juga tidak kalah hebat dengan AMD Athlon yang memliki kinerja processor hampir sama hanya beda 7%-10% lebih tinggi AMD Athlon sedikit.

  3. AMD Athlon
    AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Dan sedikit demi sedikit ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor. Prosesor jenis ini juga dapat dijadikan sebagai prosesor untuk system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD dapat mewujudkan komputer yg memiliki dua prosesor AMD Athlon.

  4. AMD Athlon 64
    Prosesor ini memiliki 3 variant socket bentuk yg berbeda yaitu socket 754, 939, dan 940. Socket 754 memiliki kontroler memori yg mendukung penggunaan memori DDR kanal tunggal. Socket 939 memiliki kontroler memori yg mendukung memori kanal ganda. AMD Athlon 64 merupakan Prosesor pertama yg kompatibel terhadap komputasi 64bit.

  5. AMD Athlon 64 FX
    Sejarah Processor AMD Perkembangan Processor yang sangat pesat merupakan salah satu faktor utama mengapa kita bisa hidup di jaman yang penuh dengan teknologi canggih ini karena, teknologi apapun yang canggih saat ini pasti memiliki sebuah otak yang mampu membuatnya menjadi sebuah perangkat canggih, nama lain dari otak itu adalah Processor. Processor merupkan sebuah chip yang sering juga di sebut dengan istilah Microprocessor yang pada saat ini, dengan kemajuannya yang pesat memiliki kapasitas sebesar gigahertz. Gigahertz merupakan satuan pengukur yang mengatur cepat proses dari suatu processor dalam mengolah data atau informasi. Processor dapat menjadi perangkat yang sangat canggih seperti ini bukan

Prosesor Ini Memiliki 3 Karakter Penting :

Dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh Menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.
System PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yg antusias, penggemar olah
Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.

Fitur-fitur lain :

3DNow! Professional+SSE 2 Instruction
HyperTransport Technology
On-Die cache memory sebesar 1152KB (dengan rincian 128KB untuk L1 dan 1024 KB untuk

Jenis-jenis AMD Athlon 64 FX
AMD Athlon FX 51, AMD Athlon FX 53, AMD Athlon FX 57

  1. AMD SempronAMD Sempron, sebuah jajaran prosesor yg diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar komputer murah, untuk bersaing dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron

Terbagi Menjadi 2 Jenis Yaitu :

AMD Sempron soket A
AMD Sempron Soket 754

Versi soket A dari AMD Sempron adalah varian dari Sempron yg dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, karena pada saat itu AMD memang telah meluncurkan prosesor untuk pasar High-End AMD Athlon 64.

AMD Sempron soket 754 adalah prosesor Sempron yg dibangun diatas arsitektur AMD64 demi meningkatkan kinerja yg dimilikinya. AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yg sama seperti AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD

Sempron fitur 64bit tidak diaktifkan sehingga hanya dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. AMD Athlon 64 dilengkapi dengan satu buah link HyperTransport yg dapat dikoneksikan ke chipset motherboard.

  1. AMD 64 X2 Dual Core
    Prosesor ini dapat menyaingi akan yang dikembangkan Intel dengan prosesor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit, amd 64 x2 dual core ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yg intensif. Pendekatan yg digunakan disini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dai prosesor amd 64 x2 dual core langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa menikmati loading aplikasi yg lebih cepat dari performa aplikasi yg lebih meningkat.

  2. AMD Opteron
    Prosesor ini 64 Bit yg dirilis untuk pasar workstation dan server pada tahun 2003.

Fitur-fitur yang dimiliki :

Cahche level-1 sebesar 128 KB yg terbagi ke dalam data chache 64 KB dan instruction cache 64 KB.
Chache level-2 sebesar 1024 KB
Kecepatan dari 1400 MHz 3000MHz
Memiliki 3 buah link Hyper Transport dengan kecepatan 3200 Mbit/s
Mampu mengakses memori fisik hingga 1 terabyte
Tersedia dalam single-core, dual-core, quad-core

  1. AMD CadizAMD Cadiz diperkenalkan sekitar tahun 2008. Deskripsi dari AMD Cadiz ini adalah 4-core, shared L2 cache, DDR2/3, HyperTransport3.

*#Tema 3 : Jenis Teknologi Perkembangan Storage Device, Harddisk, SSD*

*PERKEMBANGAN STORAGE DEVICE*

Storage Device merupakan media penyimpanan pada komputer.
Penyimpanan berbagai dokumen dalam volume yang sangat besar, dapat dikerjakan menjadi lebih ekonomis sejak penemuan teknologi penyimpanan digital.
Dalam Storage Device terdapat 2 Bagian yaitu Internal Storage dan Eksternal Storage.
Data yang tersimpan pada RAM sifatnya tidak permanen artinya data tersimpan saat ada arus listrik atau komputer dalam keadaan aktif. Jika tidak ada arus atau komputer dalam keadaan mati data pun hilang atau tidak tersimpan lagi.
Punch Card
Pertama kali diciptakan untuk penyimpanan data pada tangal 23 September 1884 oleh Herman Hollerith. Contohnya adalah bagaimana sebuah punch card dapat berfungsi sebagai media penyimpanan, memiliki 90 kolom (90 column punch card), terjadi tahun 1972.
Paper Tape

Pada tahun 1846,Alexander Bain adalah orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram.
Selectron Tube
Pada tahun 1946 RCA mulai mengembagkan Selectron Tube yang merupakan awal format memori komputer dan Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits
Magnetic Tape
Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data.
Compact Cassette
Compact Cassette diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963, namun tidak sampai tahun 1970 menjadi populer.Standar 90 menit Compact Cassette dapat menyimpan sekitar 700kB hingga 1MB dari data tiap sisinya.
Magnetic Drum
Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari Memori Utama.

Floppy Disk
Pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.
Worlds first hard drive
Tanggal 13 September 1956, komputer IBM 305 RAMA dalam kondisi tidak terselubungi. Komputer tidak mengalami perubahan sejak dapat menyimpan data sekitar 4.4 MB (setara dengan 5 milyar karakter).
Hard drive
Hard drive pertama kali yang dapat menyimpan data 500GB setara dengan 120.000 Worlds first hard drive IBM 305 RAMAC.
Hard Disk

Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.Setiap permukaan pada satu platter bisa menampung sekitar sepuluh milyar bit data yang diorganisasikan pada suatu potongan yang lebih besar dengan alasan kemudahan, dan memungkinkan pengaksesan informasi dengan lebih mudah dan cepat.
Compact Disk
Dikembangkan oleh kerjasama antara SONY dan Philips pada tahun 1979 dan Compact Disk sangat berlimpah di pasaran pada tahun 1982. Sekarang tipe CD dapat menyimpan data sebesar 700MB.
DVD
Panjang gelombang laser menggunakan 780nm sinar inframerah (standar CD menggunakan 625 nm hingga 650nm sinar inframerah) yang membuatnya memungkinkan menyimpan data pada space yang sama. Dua lapisan DVD dapat menyimpan data sebesar 8.5 GB.
Flash Disc

Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988.Flash Disk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB.
SD Card
SD High-Capacity (SDHC) kartu menyediakan lebih banyak daya penyimpanan yang dapat dilepas daripada sebelumnya.Dengan rentang kapasitas mulai dari 4GB dan pergi hingga 32GB, pengembang memiliki tiga pilihan untuk menentukan kecepatan penulisan data di dijamin minimal kecepatan transfer data.
Solid State Disk
Harddisk tipe SSD merupakan pengembangan teknologi memori solid state untuk menyimpan data
SSD (Solid State Drive) adalah media penyimpanan data yang menggunakan non volatile memory sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti hard-disk konvensional.Proyek SSD kemudian dimulai lagi dengan kehadiran SSD yang dibuat oleh StorageTek pada akhir 1970-an. Di awal tahun 1980-an, Santa Clara Systems memperkenalkan BatRam, sebuah memori berbentuk serangkaian chip RAM dengan kapasitas total sebesar 1 megabit (125 kilo byte) yang berfungsi mengemulasikan hard-disk, suatu media penyimpanan yang cukup besar kala itu, karena MS-DOS versi 1.0 hanya mendukung media penyimpanan maksimal sebesar 160 kilo byte saja.

*PERKEMBANGAN HARDDISK *

Harddisk merupakan media penyimpanan berbasis magnetic yang di desain sebagai alat penyimpanan data dalam jumlah yang besar menggantikan floppy disk.
pada tahun 1956 yang bernama IBM RAMAC 305. Harddisk ini berkapasitas sangat kecil, yaitu sekitar 5MB.
Tahun 1961, IBM kembali menciptakan hard disk drive (HDD) pertama yang dapat Removable (dapat copot pasang) yang bernama IBM 1311.
pada tahun 1962,seri hard disk terbarunya yaitu IBM 1301 yang memiliki 25 piringan dan berukuran 24 inchi berkapasitas 28MB.
Tahun 1965,IBM RAMKIT 2310 Hard disk ini berukuran 14 inchi dan berkapasitas 1024MB (1GB). Dan menjadi hard disk pertama yang menggunakan satu piringan.
Memasuki abad 20, tepatnya tahun 2001. Seagate kembali mengeluarkan varian hard disk nya yang bertipe SATA pertama dengan Native Command queing. Hard disk ini sudah mencapai kapasitas 120GB. Di bandingkan yang lalu, kapasitas ini meningkat 6 kali lipat.
Pada tahun 2010, Sandisk mengeluarkan terobosan baru dalam media penyimpanan. Sandisk mengeluarkan Sandisk SSD(Solid State Drive). SSD ini tidak berisik, hemat daya, cepat dan juga handal. Pada tahun ini SSD masih berukuran sebesar 256GB, dan untuk sekarang mungkin sudah ada yang mencapai 1000GB atau 1TB.

PERKEMBANGAN SOLID STATE DRIVE (SSD)

Solid State Drive (SSD) merupakan salah satu jenis penyimpanan pada komputer. Berbeda dengan Hard Disk Drive (HDD), SSD tidak memiliki piringan kaset di dalamnya. SSD bisa tetap menggunakan form factor dan protocol yang sama dengan HDD, seperti SATA (Serial ATA), sehingga membantu mempopulerkan penggunaan SSD.
Perkembangan storage komputer lebih ditekankan ke SSD dibandingkan ke HDD, sehingga sekarang sudah ada SSD yang berbentuk lebih kecil, yang disebut M.2 (dibaca M-dot-2)
M.2 SSD dengan interface SATA memiliki kecepatan perpindahan data yang kurang lebih sama dengan SSD 2.5 dengan interface SATA
M.2 SSD mulai berkembang, dan sekarang ada yang menggunakan interface PCIe (Peripheral Component Interconnect Express), dimana PCIe dapat melakukan perpindahan data yang jauh lebih cepat dari SATA
Teknologi M.2 SSD yang terbaru adalah NVMe (Non Volatile Memory Express), dimana NVMe ini bukanlah interface seperti SATA ataupun PCIe
Dengan teknologi penyimpanan komputer yang ada sekarang, bisa dikategorikan 3 jenis penyimpanan yang bisa kita gunakan, yaitu HDD, SSD, serta M.2 SSD

*#Tema 4 : Jenis teknologi perkembangan RAM*

Berikut sejarah perkembangan dan tipe RAM dari awal diciptakan hingga sekrang yang paling terbaru.

DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Di ciptakan oleh perusahaan IBM pada tahun 1970. Memiliki kecepatan antara 4,77 MHz sampai dengan 40 MHz.

FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)
Diciptakan pada tahun 1987, lebih dikenal FPM. FPM memiliki kecepatan antara 16 MHz sampai 66 MHz.

EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
Munculnya EDO DRAM untuk menyempurnakan jenis memori sebelumnya yaitu FPM DRAM. EDO RAM digunakan oleh komputer dengan prosesor Intel 486 dan juga intel pentium generasi pertama.

SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM)
Pada tahun 1996 dan 1997 muncul SD RAM PC 66. PC 66 berarti RAM ini memiliki kecepatan 66 MHz. Kemudian muncul lagi SD RAM PC 100 yang digunakan untuk komputer pentium II. Pada tahun 1999, SDRAM PC 133 di luncurkan ke pasaran. SDRAM terus ditingkatkan menjadi PC 150.

DR DRAM(Rambus DRAM)
Sering disebut DRDRAM atau Rambus memory merupakan jenis ram yang memiliki kecepatan sangat tinggi pada masa itu. RAM jenis ini bisa mengalirkan data 1GB / s. Hadir pada Tahun 1999.

DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM)
pada tahun 1999, dua perusahaan yang saling bersaing yaitu AMD dan Intel meningkatkan kecepatan clock prosesornya masing-masing. Dan ini berimbas kepada kebutuhan RAM yang bisa mengimbangi kemampuan prosesor tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka di ciptakan DDR SDRAM atau yang lebih dikenal dengan RAM tipe DDR1. Umumnya untuk prosesor pentium III sampai dengan pentium IV.

DDR2 SDRAM
RAM ini muncul pada tahun 2005. DDR2 memiliki kecepatan lebih baik. RAM ini digunakan dari prosesor pentium IV sampai dengan generasi Core Duo. RAM tipe ini membutuhkan daya sebesar 1,8 Volt.

DDR3 SDRAM
Pada pertengahan tahun 2007 muncul kembali jenis RAM terbaru yaitu DDR3 SD RAM. Membutuhkan daya hanya 1,5Volt. Kemampuan yang lebih baik begitu juga lebih irit daya membuat RAM DDR2 tertinggal jauh. Pada tahun 2010 RAM ini mulai diburu pengguna komputer. Untuk saat ini harga RAM DDR3 jauh lebih murah daripada DDR2. RAM ini mulai digunakan pada prosesor Core Duo sampai dengan Core i7.

DDR4 SDRAM
RAM yang dirilis pada tahun 2014 namun ternyata baru bisa digunakan pada tahun 2015 merupakan RAM tipe paling baru saat ini.

*#Tema 5 : Jenis teknologi perkembangan LCD*

*PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DISPLAY*

Perkembangan teknologi komputer grafik dari masa ke masa harus juga diikuti dengan perkembangan teknologi display yang berfungsi sebagai alat keluaran dari grafik yang dibentuk agar dapat dinikmati oleh kita semua. Saat ini teknologi display yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah LCD (Liquid Crystal Display), Teknologi LCD (Liquid Crystal Display) telah ada sejak beberapa tahun yang lalu, yang secara stabil menghasilkan begitu banyak produk baru yang tampilannya semakin baik.
Perkembangan unjuk kerja (performance) tampilan (display) ditandai yang pertama adalah dengan munculnya jenis segmen yang hanya dapat menampilkan angka, kemudian diikuti dengan sistem dot-matrix yang mampu menampilkan karakter dan grafik. Display LCD kemudian berkembang dari monochrom menjadi color, mulai dari hanya Gambar citra (image) sampai citra bergerak, dan dari ukuran kecil hingga layar besar.
Dengan perkembangannya yang sangat pesat, saat ini terdapat tiga jenis teknologi monitor. Ketiga golongan teknologi tersebut adalah CRT (Cathode Ray Tube), Liquid Crystal Display (LCD) dan Plasma gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED).

JENIS TEKNOLOGI PERKEMBANGAN LCD
A. Cathode Ray Tube

Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Akan tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan.
Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi yang lain. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.
Jenis-jenis Monitor CRT

  1. MDA : Monochrome Display Adapter (tidak berwarna). Tahun pembuatan 1986.
  2. CGA : Colour Graphic Adapter (berwarna tapi tidak bisa untuk OS Windows) Tahun pembuatan 1987.
  3. EGA : Enhanced Graphic Array (berwarna, tidak bisa untuk OS Windows) Tahun pembuatan 1990.
  4. VGA : Video Graphic Array (berwarna & bisa untuk OS Windows, belum bisa Full Screen) Tahun 1992.
  5. SVGA : Super Video Graphic Array (berwarna & bisa untuk OS Windows, Full Screen) Tahun 1997 sekarang.

B. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel (FDP)

Elektroda dalam lapisan tersebut berfungsi untuk menciptakan medan listrik pada kristal cair, sedangkan polaroid digunakan untuk menciptakan suatu polarisasi.
Dari sisi harga, monitor LCD memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor CRT. Dan beberapa kelemahan yang masih dimilikinya seperti kurang mampu digunakan untuk bekerja dalam berbagai resolusi, seperti misalnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tetapi akhir-akhir ini kelemahan tersbut sudah mulai di atasi dengan teknik anti aliasing.

Monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung electron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer portabel.
Kelebihan yang lain dari monitor LCD adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 : 1. Brigtness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang. Liquid Crystal Display menggunakan kristal liquid yang dapat berpendar. Kristal cair merupakan molekul organik kental yang mengalir seperti cairan, tetapi memiliki struktur spasial seperti kristal. (ditemukan pakar BotaniAustria Rjeinitzer) tahun 1888. Dengan menyorotkan sinar melalui kristal cair, intensitas sinar yang keluar dapat dikendalikan secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.

Lapisan-lapisan dalam sebuah LCD:
Polaroid belakang
Elektroda belakang
Plat kaca belakang
Kristal Cair
Plat kaca depan
Elektroda depan
Polaroid depan

Elektroda dalam lapisan tersebut berfungsi untuk menciptakan medan listrik pada kristal cair, sedangkan polaroid digunakan untuk menciptakan suatu polarisasi.
Dari sisi harga, monitor LCD memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor CRT. Dan beberapa kelemahan yang masih dimilikinya seperti kurang mampu digunakan untuk bekerja dalam berbagai resolusi, seperti misalnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tetapi akhir-akhir ini kelemahan tersbut sudah mulai di atasi dengan teknik anti aliasing.

C. Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)

Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT. Plasma gas juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal itu akan membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT.Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD.
Teknologi plasma gas ini sering bisa kita jumpai pada saat pertunjukan-pertunjukan musik atau pertandingan- pertandingan olahraga yang spektakuler. Disana terdapat layar monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma gas.
Setelah kita melihat begitu pesatnya perkembangan LCD, sekarang kita dapat saksikan perkembangan FDP terbaru yang boleh kita katakan sebagai Flat Panel Display Masa Depan.
Kenapa FDP terbaru ini kita namakan FDP Masa Depan ? Karena 5-10 tahun yang akan datang mungkin Teknologi LCD akan digantikan posisinya oleh FDP Masa Depan ini. FDP Masa Depan ini berbasis active matrix berteknologi Organic Light Emitting Diode (OLED).
PC generasi baru tampil berbeda. Perkembangan teknologi memungkinkan penggabungan antara CPU dengan monitor dalam satu perangkat. Monitornya pun telah- menggunakan layar LCD yang mempunyai bentuk yang lebih ramping dibandingkan dengan monitor tabung yang ada sebelumnya. Alhasil, PC baru tak lagi membutuhkan ruangan yang luas untuk menempatkan monitor dan CPU.
Namun yang paling menarik adalah teknologi sentuh yang kini dibenamkan di dalamnya. Teknologi layar sentuh ini memungkinkan pengguna PC untuk dapat mengoperasikan komputernya dengan usapan jari tangan. PC generasi baru ini sudah dikenalkan oleh beberapa pemain komputer terkemuka seperti Hewlett Packard (HP), Acer dan juga Dell.
HP menghadirkan PC layar sentuh melalui jajaran produk TouchSmart PC.Adadua model yang sudah diluncurkan, yaitu TouchSmart 300 yang mempunyai layar 20 inci dan TouchSmart 600 dengan layar 23 inci. PC ini mampu menarik perhatian para komsumenIndonesia. Bahkan, berdasarkan pengamatan Republika banyak pengguna komputer yang mengantri untuk mencoba TouchSmart PC yang ditawarkan HP. Kebanyakan dari mereka memang belum terlalu familiar akan layar sentuh komputer.

*#Tema 6 : Jenis teknologi perkembangan periperal dan expansion Card*

*PERIPHERAL & EXP CARD*
*PERIPHERAL*
Pengertian Peripheral
Peripheral adalah perangkat keras tambahan yang dapat membantu meningkatkan kegunaan maupun membantu pekerjaan dengan cara dihubungkan dengan perangkat komputer. Perangkat peripheral ini dapat menerima masukan hingga mengeluarkan output guna membantu komputer dan pekerjaan yang tak bisa dikerjakan perangkat lunak di dalam casing.

Namun, jika terdapat pekerjaan utama komputer, perangkat ini sangat tidak terlibat, melainkan hanya untuk meningkatkan pengalaman para penggunanya. Dalam pengoperasiannya, membutuhkan komputer yang dihubungkan agar dapat menghasilkan suatu output.

Fungsi Peripheral
Perangkat peripheral komputer dibagi menjadi dua kelompok menurut fungsinya, yakni peripheral utama dan juga peripheral pendukung. Yang pasti keduanya sangat berbeda, berikut penjelasannya.
Peripheral Utama
Peripheral utama merupakan peripheral yang utama yang dapat membantu perangkat komputer dan harus mendorong kinerja komputer mengingat fungsinya sebagai perangkat utama. Contoh dari peripheral ini ialah keyboard, mouse, dan juga monitor.

Peripheral Pendukung
Berbeda dengan peripheral utama yang wajib membantu kinerja komputer, peripheral ini justru hanya digunakan ketika dibutuhkan saja. Contoh dari peripheral pendukung misalnya modem, printer, speaker, dan juga scanner.

Jenis Jenis Peripheral
Perangkat peripheral komputer terbagi ke dalam tiga jenis. Perbedaan tersebut juga berkaitan dengan kegunaannya masing masing. Tiga jenis perangkat peripheral antara lain peripheral input, peripheral output, dan peripheral penyimpanan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan berikut!

Perangkat Peripheral Input
Perangkat peripheral input merupakan perangkat keras yang biasanya berguna dalam menyediakan sebuah data maupun sinyal kendali pada suatu perangkat komputer, contohnya keyboard dan mouse.
Perangkat Peripheral Output
Perangkat peripheral output merupakan perangkat keras dari sebuah komputer yang memerlukan suatu data dan juga sebuah perintah yang berasal dari perangkat komputer untuk mengerjakan dan juga melakukan suatu tugas.

Perangkat peripheral output memiliki kemampuan yakni dapat membantu mengubah informasi yang diperoleh melalui elektronik yang kemudian bentuknya menjadi mudah dibaca oleh manusia. Hal tersebut masuk dalam kegiatan pengolahan data yang terjadi dengan bantuan sistem pengolahan suatu informasi seperti komputer. Contoh perangkat peripheral output yang biasa kita jumpai adalah printer dan juga LCD monitor.

Perangkat Peripheral Penyimpanan atau Storage Device
Perangkat peripheral penyimpanan merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi dalam pekerjaan penyimpanan data dan informasi, pemetaan serta pengeekstraksian sebuah file data maupun objek.

Perangkat peripheral penyimpanan ini dapat membantu menyimpan sebuah informasi dalam waktu sementara dan juga selamanya. Sifat dari penyimpanan peripheral ini dapat secara internal maupun eksternal pada komputer, server, maupun jenis jenis perangkat komputasi yang lainnya.

Bahkan, perangkat peripheral penyimpanan ini digolongkan ke dalam lebih dari satu kategori. Contohnya adalah drive DVD-ROM, kita bisa memakai untuk membaca data serta musik (input) yang mana bisa juga menggunakan DVD-ROM dalam menulis data pada DVD (output).

*EXP CARD*
Pengertian Expansion Card, Fungsi Dan Jenisnya Pada Komputer, Lengkap! - Expansion card merupakan suatu wadah yang berada motherboard, yang fungsinya sebagai tempat atau wadah dimana sebuah papan-rangkaian-elektronik (circuit board) bisa dipasang dengan cara ditancapkan. Circuit board memiliki banyak fungsi untuk meng - upgrade sebuah komputer, misalnya menambah memori, membuat kualitas suara atau gambar lebih bagus, modem, atau menyambungkan network.

Circuit board ini memiliki beberapa sebutan, sesuai dengan kemampuannya: expansion board, adapter card, interface card, add-in, add-on, expansion card atau yang paling sering disebut card saja, karena memang bentuknya lebih mirip selembar kartu.

Expansion slot kemudian dihubungkan kepada expansion bus, yang akan membantu komputer berkomunikasi dengan card-card itu dan juga dengan peripheral yang dihubungkan pada card tersebut, jika ada.

Berikut Beberpa Expansion Card :

ISA (Industry Standard Architecture)
Bus yang paling umum sekaligus paling lambat kecepatan pengiriman datanya. Mouse, modem card, sound card dan network card berkecepatan rendah biasanya menggunakan bus ini.

VESA local bus
Local bus adalah expansion bus yang dirancang untuk koneksi berkecepatan tinggi, misalnya hard disk. Selain itu biasa digunakan untuk VGA card.

PCI (Peripheral Component Interconnect)
Merupakan pengganti VESA local bus. Kecepatannya empat kali ISA. Card yang biasa dipasang adalah VGA, SCSI, dan network kecepatan tinggi. Saat ini biasanya mainboard menyediakan bus PCI dan ISA bersamaan.

AGP (Accelerated Graphics Port)
Dirancang oleh Intel untuk meningkatkan kecepatan pengiriman gambar dan video 3-D (tiga dimensi), umumnya pada game-game beresolusi tinggi. Processor-processor keluaran terbaru seperti Pentium II, III, 4 dan Xeon mendukung teknologi AGP ini.

USB (Universal Serial Bus)
Dimaksudkan untuk menghindari keharusan memasang card pada slot. Berbagai peripheral (scanner, kamera, dll) dapat dihubungkan satu sama lain dan kemudian dihubungkan ke komputer hanya dengan satu kabel melalui port USB. Kemudian USB ini akan dihubungkan dengan PCI di mainboard.

*#Tema 7 : Jenis Teknologi Perkembangan Power Supply*

Power Supply adalah hardware yang sangat berperan penting dalam dunia IT dan engineering, power supply ini yang membawa arus atau tegangan listrik kepada setiap komponen komputer, tanpa power supply tentu saja komponen itu tidak akan bisa dinyalakan dan itu sama saja tidak ada gunanya komponen tersebut.

Yang kita tahu bersama bahwa Power supply itu berfungsi untuk mengubah Arus bolak-balik (AC) Menjadi Arus Searah (DC) . Power supply ini cara kerjanya ini sangat baik , dia akan melakukukan pengecekan terlebih dahulu setelah itu dia akan mengirim signal spesifik ke Motherboard yang disebut Power Good .

Setelah itu Barulah arus DC dari power supply disebarkan kesetiap komponen yang ada , power supply benar-benar adalah alat yang paling Vital dia di Umpamakan seperti Nafas dan Processor adalah jantungnya yang harus terus terjaga kebersihanya.

Jenis-jenis Power supply
1.Power Supply AT

  Kata AT merupakan singkatan dari Advanced Technology sebenarnya tidak hanya mengacu pada power supply tetapi juga padamotherboard.diperkenalkan IBM, Agustus 1984. Digunakan pada komputer generasi 1. Pada ruang lingkup personal komputer IBM kompatibel, AT merupakan standar ukuran (dimensi) dan susunan (layout) untuk motherboard IBM AT. Seperti model IBM PC dan IBM XT sebelumnya, banyak perusahaan pihak ketiga memproduksi motherboardyang kompatibel dengan IBM AT, yang memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade komputer mereka dengan prosessor yang lebih cepat. IBM AT banyak di jiplak desainnya ketika pasaran komputer rumahan sedang melonjak pada tahun 1980-an. Pada tahun 1990-an banyak komputer tetap menggunakan AT, tetapi mulai tahun 1997 AT sudah mulai ditinggalkan dengan munculnya ATX. Penggunaannya: Saat mematikan komputer,tidak hanya menjalankan system shutdown, namun kita harus menekan tombol power setelah system shutdown berjalan.

2.Power Supply ATX
ATX yang merupakan singkatan dari Advanced Technology Extendedadalah sebuah standar spesifikasi motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada tahun 1995 untuk meningkatkan standar sebelumnya seperti AT. Hal tersebut merupakan perubahan besar pada desain dan standar casing komputer, motherboard, dan power supply. Perubahan yang terjadi yaitu pada dimensi, mounting point, panel I/O, power dan konektor antara casing komputer, motherboard, dan power supply. Power Supply jenis ini digunakan pada generasi ketiga sampai sekarang. Dilengkapi power switch (autoshutdown) maksudnya komputer dapat langsung mati (off) dengan menekan perintah shutdown pada OS tanpa menekan tombol off pada casing.
Perkembangan

ATX (Awal)
ATX diperkenalkan pada akhir tahun 1995, dengan ciri-ciri konektor:

  1. 4 pin konektor Molex, yang diadopsi langsung dari power supply AT yang digunakan untuk harddisk PATA, CD-ROM, floppy disk 5,25 inchi, dan peralatan lainnya.
  2. 4 pin konektor Berg floppy, yang juga diadopsi langsung dari power supply AT yang digunakan untuk floppy disk 3,5 inchi.
  3. 20 pin Molex mini-fit JR, yang digunakan untuk konektor utamamotherboard
  4. Tambahan 6 pin konektor AUX yang menyediakan tegangan 3,3V dan 5V untuk motherboard jika diperlukan.

ATX12V 1.0
Selama proses desain platform Pentium 4pada tahun 1999/2000, standar ATX 20 pin dianggap sudah tidak mampu lagi untuk menyuplai tingkat kebutuhan daya listrik komputer. Sehingga muncullah power supply versi ATX12V 1.0 pada bulan Februari 2000. Perubahan dan tambahan yang terjadi pada versi ini adalah:

  1. Peningkatan daya pada tegangan 12V
  2. Tambahan 4 pin mini fit JR dengan tegangan 12 V untuk daya CPU. Secara resmi konektor ini disebut dengan konektor power +12 V dan sering disebut dengan konektor P4 karena konektor ini pertama kali diperlukan untuk mendukung prosesor Pentium 4.Sebelum Pentium 4, umumnya prosesor dicatu dengan tegangan 5 V sedangkan untuk prosesor Pentium 4 ke atas beroperasi dengan tegangan yang jauh lebih rendah. Khususnya sekitar 1 V dengan arus bisa mencapai lebih dari 100 A. Power supply tidak bisa menyediakan tegangan rendah dengan arus tinggi, untuk menghasilkannya di motherboard terdapat sebuah bagian yang disebut konverter DC-DC. Sebagai sumber tegangan digunakanlah 4 pin tambahan tersebut.

ATX12V 1.1
Perubahan kecil terjadi pada versi ini, yang diluncurkan pada bulan Agustus 2000. Perubahan tersebut yaitu peningkatan daya untuk tegangan 3,3 V.

ATX12V 1.2
Pada bulan Januari 2002 keluarlah versi ini dengan perubahannya yaitu tidak adanya lagi tegangan -5 V (menjadi opsional). Tegangan -5 V sudah jarang digunakan pada saat itu, yang masih menggunakannya hanyalah komputer-komputer lama yang masih menggunakan slot ISA.

ATX12V 1.3
Versi ini diperkenalkan pada bulan April 2003 (satu bulan setelah munculnya versi 2.0), perubahan yang terjadi yaitu:

  1. Peningkatan daya pada tegangan 12 V
  2. Ketentuan kebutuhan minimal efisiensi PSU untuk beban rendah dan normal.
  3. Ketentuan level akustik
  4. Adanya konektor power Serial ATA (Masih bersifat opsional)
  5. Tidak ada tegangan -5 V

ATX12V 2.0
Versi ini diperkenalkan pada bulan Februari 2003, yang mana terdapat perbedaan yang mencolok pada distribusi daya dibanding dengan versi ATX12V 1.x. Perubahan yang terjadi pada versi ini yaitu:

  1. Konektor power utama bertambah menjadi 24 pin. Tambahan 4 pin ini yaitu untuk tegangan 3,3 V, 5 V, dan 12 V
  2. 6 pin AUX dihilangkan karena tambahan 3,3 V dan 5 V sudah menyatu dengan konektor 24 pin.
  3. Peningkatan daya untuk tegangan 12 V. Terdapat dua buah jalur tegangan 12 V yang berbeda (satu untuk konektor 4 pin dan satunya untuk semua kebutuhan tegangan 12 V)
  4. Daya untuk tegangan 3,3 V dan 5 V secara signifikan dikurangi.
  5. Power supply sudah lengkapi dengan konektor power SATA.
  6. Dan banyak lagi perubahan dan tambahan lainnya.

ATX12V v2.01
Terdapat sedikit perubahan mulai bulan Juni 2004. Referensi errant untuk tegangan -5V dihilangkan.

ATX12V v2.1
Terjadi perubahan kecil mulai bulan Maret 2005 yaitu peningkatan daya pada semua tegangan, persyaratan efisiensi dirubah, penambahan konektor 6 pin untuk kartu grafis PCIe yang membantu slot PCIe dimotherboard menyalurkan daya sebesar 75 Watts.

ATX12V v2.2
Perubahan kecil lainnya pada versi ini yaitu penambahan konektor 8 pinkartu grafis PCIe, yang dapat menyalurkan daya sebesar 150 Watts.

ATX12V v2.3
Revisi terbaru efektif mulai Maret 2007. Perubahannya yaitu rekomendasi efisiensi dinaikkan menjadi 80% (dengan minimal efisiensi sebesar 70%), lalu kebutuhan minimal beban pada tegangan 12 V di turunkan.
Connector yang ada pada Power supply dan fungsinya pada komputer..

CONNECTOR PADA POWER SUPPLY

  1. ATX Power Connector (20pin +4 pin) ATX 20/24 pin konektor digunakan untuk menghubungkan power supply unit (PSU) ke motherboard. Versi lama dari ATX motherboard masih menggunakan ATX 20 pin konektor, jika kita menggunakan motherboard yang terbaru sudah membutuhkan ATX 24 pin konektor. Konetktor ini terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama berjumlah 20 pin dan bagian kedua 4 pin. Jika kita menggunakan motherboard yang baru maka gabungkan antara 20 + 4 pin konektornya.

  2. AT Power Conector (12pin)
    Konektor ini digunakan untuk motherboard kelas Pentium II kebawah. Konektor yang memiliki 12 kabel ini dikelompokkan terpisah menjadi 2 bagian. Bagian pertama disebut Konektor P8 dan bagian kedua disebut P9. Masing-masing konektor memiliki 6 kabel. Untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan, kita cukup mempertemukan konektor yang memiliki kabel hitam di tengah-tengah.

  3. Molex Conector
    Konektor ini digunakan sumber tenaga bagi harddisk dan cd drive. Kadang sebagian produsen juga membuat fan / kipas pendingin, lampu-lampu dan asesoris lainnya menggunakan konektor ini. Konektor ini memiliki 4 kabel yang berbeda warna, yaitu Merah, Hitan dan Kuning. Setiap warna memiliki sumber tegangan yang berbeda-beda pula.

  4. ATX (12 volt) 4 pin
    Konektor ini kebanyakan dipakai oleh para pengguna yang menggunakan Processor buatan Intel. Fungsi dari konektor ini adalah sebagai penyedia tenaga tambahan sebesar 12 V untuk Pentium 4 CPU. Jadi pada Pentium 4 kebawah, konektor ini tidak perlu digunakan. Sekarang sebagian AMD motherboard juga sudah menggunakan konektor ATX 12V ini.

  5. Pin PCI-E Konektor yang satu ini memang jarang ditemukan untuk semua PC. Biasanya orang yang menggunakan PSU ini adalah orang yang bekerja di bidang Multimedia khususnya Video. Karena konektor ini hanya digunakan sebagai penambah daya untuk video card yang menggunakan slot PCI Express. Jika kita menggunakan Videoa Card jenis ini, tentu saja kita harus memiliki PSU yang mendukung untuk konektor ini.

  6. SATA Power Conector
    Konektor ini merupakan jenis terbaru yang biasa digunakan untuk power pada Hard Disk SATA (serial ATA). Konektor ini disambungkan melalui Molek konektor (extended).

Power Supply juga dibedakan berdasarkan management pemasangan kabelnya, yaitu Power Supply Non-Modular dan Power Supply Modular. Secara populasi, power supply non-modular lebih banyak di jual di pasaran karena memang segmen-nya untuk kalangan kantong pas-pas-an. Yang membedakan adalah management pemasangan kabelnya.

****#Tema 8 : Jenis teknologi perkembangan Mobile Device (Handphone - Smartphone)

Sejarah handphone di Tahun 70-an

Ponsel pertama kali muncul di dunia yakni pada tahun 70-an, tepatnya tahun 1973. Martin Cooper menjadi sosok penting yang mengenalkan ponsel. Sosoknya merupakan salah satu orang penting dalam bisnis telekomunikasi di Amerika Serikat. Ya, benda canggih ini pertama kali muncul di New York. Motorola DynaTAC menjadi ponsel yang digunakan Cooper saat itu untuk melakukan komunikasi.

Berbeda dengan ponsel yang Anda gunakan saat ini, Motorola DynaTAC hadir dengan ukuran yang sangat besar. Ukurannya yang begitu besar membuatnya tak fleksibel saat dibawa bepergian. Bahkan, kabarnya ponsel ini memiliki bobot yang mencapai 1 kg, lho. Sangat berbeda jauh dengan ponsel masa kini yang cenderung memiliki bobot kurang dari 200 gram.

Sejarah handphone di Tahun 80-an

10 tahun setelah munculnya Motorola DynaTAC, tahun 1983 kembali muncul ponsel generasi terbaru, yakni Motorola DynaTAC 8000X. Berbeda dengan Motorola DynaTAC tahun 1973, ponsel terbaru ini menjadi ponsel pertama yang secara resmi dikomersialkan. Masyarakat sudah bisa ikut menggunakannya sebagai media komunikasi. Meski sudah mengalami beberapa pembaharuan, namun ponsel ini masih memiliki bobot yang cukup besar, sekitar 793 gram.

Baterai yang disematkan pada Motorola DynaTAC 8000X bisa beroperasi selama 8 jam lamanya. Sebagai ponsel yang pertama kali diperjualbelikan, tidak heran jika harganya pun sangat mahal, yakni sekitar 4.000 dolar AS. Hal ini tidaklah mengagetkan mengingat ponsel pada awal kemunculannya memang hanya diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas saja.

Tak berhenti disitu saja, tahun 1980-an, Motorola terus melakukan riset dan pembaharuan pada produknya. Merk ponsel satu ini kembali merilis ponsel baru yang diklaim lebih user friendly. Ponsel yang disebut dengan Motorola MicroTAC 9800X ini juga memiliki bobot yang lebih ringan. Sehingga akan lebih nyaman jika ingin dibawa bepergian.

Sementara bobotnya mengalami penurunan hingga 300 gram, baterai Motorola MicroTAC 9800X hanya bisa bertahan selama 30 menit saja. Meski memiliki ketahanan sangat buruk jika dibandingkan dengan ponsel saat ini, namun kemunculan generasi terbaru Motorola ini masih disambut hangat masyarakat. Uniknya lagi, ponsel baru ini juga sudah dilengkapi dengan antena berbahan plastik. Hanya saja, kehadiran antena ini tak memiliki fungsi yang berarti dan hanya sebagai pemanis.

Sejarah handphone di Tahun 90-an

Dibandingkan dengan ponsel generasi 70-an dan 80-an, ponsel yang muncul di era 90-an sudah bisa dipastikan lebih canggih. Perkembangan dan pembaharuan terus dilakukan oleh para perusahaan telekomunikasi. Bahkan, untuk pertama kalinya muncul sebuah ponsel yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Tapi jangan harap jika Anda bisa menggunakan ponsel ini untuk berselancar di dunia maya.

Selain bisa digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon, ponsel yang muncul di tahun 1992 juga bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan singkat berupa SMS. Di tahun yang sama, muncul IBM Simon yang disebut-sebut sebagai ponsel pintar (smartphone) pertama di dunia. Smartphone ini bisa Anda gunakan untuk telepon, mesin fax, pager, dan Personal Digital Assistant (PDA).

Di era 90-an ini juga nama Nokia mulai dikenal masyarakat. Kehadirannya pun langsung menyaingi kejayaan dari Motorola. Tidak tanggung-tanggung, Nokia langsung merilis beberapa tipe ponsel yang bisa Anda pilih di tahun 1990-an. Nokia 3210 menjadi salah satu seri ponsel Nokia yang paling laris di pasaran. Tak butuh waktu lama, sebanyak 160 juta perangkat Nokia sudah habis terjual di pasaran. Bahkan, tak sedikit juga masyarakat Indonesia yang ikut meramaikan perilisan Nokia 3210.

Sejarah Ponsel di Tahun 2000-an

Istilah smartphone atau ponsel pintar semakin populer di era ini. Bagaimana tidak, munculnya Sharp J-SH04 semakin menarik perhatian masyarakat. Pasalnya, ponsel pintar ini sudah dilengkapi dengan kamera di dalamnya. Ya, Sharp J-SH04 merupakan ponsel pertama di dunia yang membuat penggunanya bisa memotret foto. Tidak berhenti disitu saja, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih di dalamnya, lho.

Setelah Sharp J-SH04, mulai bermunculan merk ponsel lainnya yang tidak kalah canggih, sebut saja salah satunya yakni Blackberry 5810. Berbeda dengan ponsel yang sebelumnya sudah rilis, ponsel satu ini sudah terkoneksi dengan jaringan internet secara penuh. Bahkan, Anda hanya bisa menggunakan ponsel ini secara maksimal jika tersambung oleh jaringan internet.

Di tahun ini juga mulai muncul smartphone legendaris milik Apple, yakni iPhone. Kemunculan merk smartphone mahal ini disambut baik oleh masyarakat, khususnya mereka yang berada di kalangan menengah ke atas. Bagaimana tidak, kemunculan iPhone menyuguhkan konsep baru, yakni smartphone layar sentuh. Konsep ini berbeda dibandingkan merk ponsel lainnya yang masih mengusung konsep keypad.

iPhone Pertama

Kemunculan iPhone di tahun 2007 ini, membuat ponselnya bisa digunakan untuk mengakses jaringan internet 3G. Dengan mengandalkan koneksi jaringan 3G, para pengguna iPhone bisa dengan leluasa berselancar di dunia maya. Tak berselang lama setelah munculnya iPhone dengan sistem operasi iOS, masyarakat kembali disuguhkan dengan perangkat baru berbasis Android oleh HTC. Kesuksesan cmembuat merk ponsel lainnya mulai berbondong-bondong merilis smartphone berbasis Android.

Sejarah Ponsel di Tahun 2010-an

Percaya tidak percaya, awal tahun 2010-an menjadi tahun kejayaan dari BlackBerry. Bahkan, Anda baru akan dianggap keren jika telah menggunakan perangkat yang satu ini. Saking populernya, Indonesia dianggap sebagai pengguna Blackberry terbanyak urutan ke-2 di dunia, lho. Sayangnya, perilisan dari perangkat iOS dan Android membuat BlackBerry mulai kehilangan popularitasnya.

Pada akhirnya BlackBerry tidak dapat bersaing dengan banyaknya smartphone yang baru rilis. Konsep smartphone dengan layar sentuh lebih menarik perhatian masyarakat dibandingkan dengan Blackberry yang masih setia dengan model keypad QWERTY. Benar saja, masyarakat yang dahulunya menggunakan Blackberry banyak yang beralih menggunakan perangkat berbasis iOS atau Android.

Ponsel Pintar

Di era ini juga, kecepatan jaringan internet juga semakin tinggi saja. Para pengguna smartphone kini bisa menikmati internet yang lebih kencang pada jaringan 4G. Namun, penggunaan jaringan 4G hanya bisa diakses oleh smartphone yang mendukung saja. Tidak berhenti disitu saja, akhir era tahun 2010-an juga sudah banyak bermunculan perangkat yang mendukung jaringan 5G.

Selain mengalami peningkatan pada kualitas layar sentuh dan juga jaringan, smartphone terbaru akhir-akhir ini juga telah menawarkan banyak kelebihan di berbagai aspek lainnya. Mulai dari kapasitas baterai yang awet dengan teknologi fast charging, kapasitas RAM dan ROM yang besar, hingga prosesor yang sangat kencang.

*#Tema 9 : Jenis Teknologi Perkembangan Operating System*

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI KOMPUTER DARI AWAL SAMPAI SEKARANG

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

  1. Generasi Pertama (1945-1955)Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
  2. Generasi Kedua (1955-1965)Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS. Jadi generasi komputer kedua ini merupakan generasi pertama dari sistem Operasi.
  3. Generasi Ketiga (1965-1980)Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
  4. Generasi Keempat (Pasca 1980an)Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.Adapun sejarah sistem operasi yang dirinci dari tahun 1980an. Artikel ini menguraikan sejarah sistem operasi dari DOS, Mac, Windows, BSD, sampai Linux.1956GM-NAAI/O : Sistem operasi pertama ini digunakan pertama kali oleh General Motors pada komputer besar IBM 704. Namun, sistem ini tidak lebih hebat dari Batch Processing.1969Unix : Sistem operasi modern pertama ini dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie yang saat itu membutuhkan sebuah platform yang cepat untuk game Space Travel mereka.1973XeroxAlto : Sistem pertama dengan graphical interface yang hanya digunakan untuk penelitian sampai 19811980QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086.Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.1981PC DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.MS DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM.1983MS DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT.1984System 1.0 : Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX. System 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan mouse.MS DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.MS DOS 3.1 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.1985MS Windows 1.0 : Microsoft memperkenalkan MSWindows, sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.Novell Netware : Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.1986MS DOS 3.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 yang menambahkan dukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB.1987OS/2 : IBM memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis, sebagai calon pengganti IBM PC DOS.MS DOS 3.3 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS.Windows 2.0 : Windows versi 2.0 diperkenalkan.MINIX : Andrew S. Tanenbaum mengembangkan Minix, sistem operasi berbasis Unix yang ditujukan untuk pendidikan. MINIX nantinya menginspirasi pembuatan Linux.1988MS DOS 4.0 : Microsoft mengeluarkan MS DOS 4.0 dengan suasana grafis.WWW : Proposal World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee.1989NetWare/386 (juga dikenal sebagai versi 3) diluncurkan oleh Novell untuk prosesor Intel 80386.1990Perpisahan : Dua perusahaan raksasa berpisah, IBM berjalan dengan OS/2 dan Microsoft berkonsentrasi pada Windows.Windows 3.0 : Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup baik.MS Office : Microsoft membundel Word, Excel, dan PowerPoint untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 1 2 3, Wordstar, Word Perfect dan Quattro.DR DOS : Digital Research memperkenalkan DR DOS 5.0.1991Linux 0.01 : Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux.MS DOS 5.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 5.0 dengan penambahan fasilitas full -screen editor, undelete, unformat dan Qbasic.1992Windows 3.1 : Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.11 di tahun berikutnya.386 BSD : OS berbasis Open Source turunan dari BSD Unix didistribusikan oleh Bill Jolitz setelah meninggalkan Berkeley Software Design, Inc (BSDI). 386 BSD nantinya menjadi induk dari proyek Open Source BSD lainnya, seperti NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD.Distro Linux : Linux didistribusikan dalam format distro yang merupakan gabungan dari OS plus program aplikasi. Distro pertama Linux dikenal sebagai SLS (Softlanding Linux System).1993Windows NT : Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan.Web Browser : NCSA memperkenalkan rilis pertama Mosaic, browser web untuk Internet.MS DOS 6.0 : Microsoft memperkenalkan MS DOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program kompresi harddisk DoubleSpace.Slackware : Patrick Volkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer pertama di kalangan pengguna Linux.Debian : Ian Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuat OS berbasis Linux dengan nama Debian.MS DOS 6.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 6.2.NetBSD : Proyek baru OS berbasis Open Source yang dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan menggunakan nama NetBSD.FreeBSD : Menyusul NetBSD, satu lagi proyek yang juga dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan nama FreeBSD.1994Netscape : Internet meraih popularitas besar saat Netscape memperkenalkan Navigator sebagai browser Internet.MS DOS 6.22 : Microsoft meluncurkan MS DOS 6.22 dengan program kompresi bernama DriveSpace. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS.FreeDOS : Jim Hall, mahasiswa dari Universitas Wisconsin River Falls Development mengembangkan FreeDOS. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.SuSE : OS Linux versi Jerman dikembangkan oleh Software und System Entwicklung GmbH (SuSE) dan dibuat dari distro Linux pertama, SLS.Red Hat : Marc Ewing memulai pembuatan distro Red Hat Linux.1995Windows 95 : Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari.PC DOS 7 : IBM memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program populer pengkompres data Stacker dari Stac Electronics. Ini merupakan versi terakhir dari IBM PC DOS.Windows CE : Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik.PalmOS : Palm menjadi populer dengan PalmOS untuk PDA.OpenBSD : Theo de Raadt pencetus NetBSD mengembangkan OpenBSD.1996Windows NT 4.0 : Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.01997Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6.1998Windows 98 : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator.Server Linux : Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar, seperti IBM, Sun Microsystem dan Hewlet Packard. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan menggantikan server berbasis Windows NT.Google : Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai servernya.Japan Goes Linux : TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi OS favorit di Asia, khususnya di Jepang, China dan Korea.Mandrake : Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat.1999Support : Hewlett Packard mengumumkan layanan 24/7 untuk distro Caldera, Turbo Linux, Red Hat dan SuSE.Corel Linux : Corel pembuat program Corel Draw, yang sebelumnya telah menyediakan Word Perfect versi Linux, ikut membuat OS berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan yang nantinya beralih nama menjadi Xandros.2000Mac OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X.Windows 2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.Windows Me : Microsoft meluncurkan Windows Me, versi terakhir dari Windows 95.China Goes Linux : Red Flag Linux diluncurkan dari Republik Rakyat China.Microsoft vs IBM : CEO Microsoft Steve Ballmer menyebut Linux sebagai kanker dalam sebuah interview dengan Chicago Sun Times. Di lain pihak, CEO IBM Louis Gartsner menyatakan dukungan pada Linux dengan menginvestasikan $ 1 milyar untuk pengembangan Linux.2001Windows XP : Microsoft memperkenalkan Windows XP.Lindows: Michael Robertson, pendiri MP3.com, memulai pengembangan Lindows yang diturunkan dari Debian. Nantinya Lindows berganti nama menjadi Linspire karena adanya tuntutan perubahan nama oleh Microsoft.2002Open Office : Program perkantoran berbasis Open Source diluncurkan oleh Sun Microsystem.OS Lokal : OS buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, diantaranya Trustix Merdeka, WinBI, RimbaLinux, Komura.2003Windows 2003 : Microsoft meluncurkan Windows Server 2003.Fedora : Redhat mengumumkan distro Fedora Core sebagai penggantinya. Nantinya ada beberapa distro lokal yang dibuat berbasiskan Fedora, seperti BlankOn 1.0 dan IGOS Nusantara.Novell : Ximian, perusahaan pengembang software berbasis Linux dibeli oleh Novell, begitu juga halnya dengan SuSE yang diakuisisi oleh Novell.LiveCD : Knoppix merupakan distro pertama Linux yang dikembangkan dengan konsep LiveCD yang bisa dipergunakan tanpa harus diinstal terlebih dahulu. Distro lokal yang dibuat dari Knoppix adalah Linux Sehat dan Waroeng IGOS.2004Ubuntu : Versi pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).2005Mandriva : Mandrake bergabung dengan Conectiva dan berganti nama menjadi Mandriva.2006Unbreakable Linux : Oracle ikut membuat distro berbasis Linux yang diturunkan dari Red Hat Enterprise.CHIPLux : Distro lokal terus bermunculan di tahun ini, bahkan Majalah CHIP yang lebih banyak memberikan pembahasan tentang Windows juga tidak ketinggalan membuat distro Linux dengan nama CHIPLux, yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX dari keluarga PCLinuxOS (varian Mandriva). CHIPLux merupakan distro lokal pertama yang didistribusikan dalam format DVD.2007Vista : Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.20083D OS : Tidak seperti halnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi, 3D Desktop di Linux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya teknologi 3D Desktop di Indonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh PC LINUX. Ada beberapa versi yang disediakan, yaitu versi 3D OS untuk pengguna umum serta versi distro warnet Linux dan game center Linux.2010Windows7 : Sistem Operasi ini merupakan penyempurna dari sistem operasi yang di buat sebelumnya oleh microsoft. Bisa dikatakan bahwa sistem operasi ini merupakan sistem operasi terbaik yang ada pada saat ini.2012Dan sekarang yang Sistem Operasi terbaru yang telah dilincurkan oleh Microsoft adalah Windows 8. Sistem Operasi ini memliki tampilan yang sangat menarik dibandingkan dengan Windows-Windows lain yang sebelumnya.

Original Link: https://dev.to/tsania_khilya/tugas-dpk-tjktsejarah-perkembangan-teknologitema-1-9-2ah5

Share this article:    Share on Facebook
View Full Article

Dev To

An online community for sharing and discovering great ideas, having debates, and making friends

More About this Source Visit Dev To